HOME » VIDEO » Ribet & Lama, Ini Sederet Proses Yang Harus Dilakukan Untuk Operasi Ganti Kelamin


Jum'at, 20 April 2018 17:30 Penulis: Ferry Sanjaya

Ribet & Lama, Ini Sederet Proses Yang Harus Dilakukan Untuk Operasi Ganti Kelamin

Kapanlagi.com - Lagi ramai nih tentang isu transgender yang awalnya berpusat dari Lucinta Luna. Namun yang ternyata tak kamu tahu, menjadi seorang transgender tak semudah yang dibayangkan.

Ya, pada dasarnya, transgender adalah perubahan gender, dari lelaki ke perempuan atau sebaliknya. Prosesnya dilakukan dengan operasi menghilangkan kelamin dan diganti dengan kelamin seperti yang dikehendaki.

Kami memberikan beberapa gambaran tentang apa proses yang harus dilalui untuk bisa mengganti kelamin. Ternyata nggak semua orang bisa mengganti kelamin karena memang prosesnya yang sangat ribet.

Transgender © Live ActTransgender © Live Act

Salah satu yang berbicara adalah Tompi. Penyanyi yang juga seorang dokter ini mengatakan jika ada banyak aspek yang harus dipersiapkan sebelum memulai operasi transeksual.

"Banyak aspek yang harus diperhatikan betul di operasi transexual ini. Yang pertama aspek kesiapan pasien. Biasanya pasien yang mau transexual ini konsultasi psikologisnya panjang. Ngobrolnya bisa berkali-kali untuk meyakinkan betul-betul ini memang keinginan dia sendiri," ungkapnya.

"Jadi gini, tes ini sebenarnya untuk membuktikan bahwasanya yang bersangkutan memang pengen. Kita tuh manusia kadang-kadang suka excited gitu, tiba-tiba lagi duduk bengong, 'ah pengen operasi transexual ah.' Udah dikerjain besoknya 'aduh kenapa kemarin gue potong.' Kan nggak bisa balik, jadi cuma buat mastiin itu aja sih," tambahnya.

Ingin mengetahui secara lengkap proses-proses transexual yang harus dilalui? Simak video lengkapnya di sini.

(kpl/frs)

Editor:

Ferry Sanjaya


Beri Komentar